Penyebab Susah Buang Air Besar

Masalah susah buang air besar sangat dijumpai. Ini terjadi bila anda mengalami sulit buang air besar secara normal. Tinjanya biasanya keras dan kegiatan buang air besar bisa mneyakitkan dan jarang-jarang. Ada anak yang bahkan mencret karena isi perutnya belum keluar semua sehingga sering mengotori celananya.

Penyebab susah buang air besar adalah :

  • Nyeri waktu berhajat, contohnya lecet/ luka pada anus, adanya benda asing, peradangan pada lapisan rektum, dan pemakaian pencahar yang berlebihan. 
  • Penyumbatan secara mekanis, contohnya gangguan saraf usus, penyumbatan usus bagian atas dan ketiadaan atau tertutupnya rektal sejak bayi lahir. 
  • Pergerakan otot yang melemah, contohnya akibat konsumsi obat-obatan, penyakit yang mengenai saraf dan otot, dan kelainan endokrin. 
  • Kelainan tinja karena diet, dehidrasi, dan malnutrisi.
  • Pseudokonstipasi (menyerupai sembelit), contohnya bayi menyusui.

Berikut penyebab terjadi masalah buang air besar, diantaranya adalah :

1. Kurang cairan atau serat-seratan dalam melakukan pola diet

2. Kurang aktivitas fisik dan latihan olahraga, sehingga mennimbulkan kontraksi usu melemah yang seharusnya bisa mendorong kotoran sepanjang usus

3. Tidak memiliki pola buang air besar, biasanya sering mengacuhkan dorongan untuk buang air besar karena tidak mau menganggu aktivitas kerja atau sosial

4. Kehamilan menimbulkan tekanan pada usus

5. Wasir yang membesar sehingga menghambat jalan keluar

6. Obat-obatan tertentu seperti anti nyeri yang memiliki kandunganopiat dan tablet besi


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Susah BAB and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>