Susah BAB Berdarah

Siapapun akan panik bila ada darah pada BAB-nya. Terbayang sudah hal yang mengerikan. Sebenarnya apa saja penyebab BAB berdarah? Buang air besar memang membuat banyak orang khawatir, karena membayangkan penyakit pencernaan yang sudah parah. Menurut DR.Dr. Murdani Abdullah SpPD KGEH dari disvisi Gastrohepatologi Ilmu Penyakit Dalam FKUI RSCM, BAB berdarah dalam istilah medis adalah hematochezia (bila darah berwarna merah) dan melena (bila darah berwarna hitam).

bab-berdarah

“Bila darah berwarna hitam maka sumber perdarahan umumnya dari pencernaan bagian atas, paling sering dari lambung dan usus dua belas jari, biasanya terdapat luka di daerah ini lalu bereaksi dengan asam lambung sehingga darah berubah warna menjadi hitam. Adapun penyebab melena antara lain riwayat sering minum alkohol, jamu, obat-obat NSAID, dan juga bisa disebabkan oleh penyakit hati kronis.

Pada perdarahan saluran cerna di bawah lambung tadi kita sebut sebagai hematochesia, darah yang berwarna merah ini akan bercampur dengan kotoran. Sementara perdarahan yang disebabkan pada perdarahan di daerah rektosigmoid (ujung bawah usus besar) darah berada pada bagian luar kotoran.

Penyebab perdarahan saluran cerna bagian bawah bermacam-macam antara lain sebagai berikut : 2 teratas adalah penyebab tersering : hemoroid/wasir atau ambeien, kanker usus, polip kolon, penyakit peradangan saluran cerna bawah seperti radang/tukak pada kolon, penyakit Chorn, infeksi usus angiodisplasia.

Penyakit lain penyebab BAB bedarah

BAB berdarah bukan monopoli akibat ambeien dan kanker usus besar. Masih ada kemungkinan penyakit lain. Deret lain penyebab BAB berdarah adalah Fisura Anus. Fisura anus merupaan suatu robekan atau luka yang kadang bernanah (borok) pada lapisan anus. Biasanya disebabkan cedera, paling seing adalah karena buang air besar yang keras dan besar, sehingga menyebabkan otot melingkar (sfingter) dari anus mengalami kejang dan gampang berdarah. Fisura menyebabkan nyeri dan perdarahan selama atau segera setelah buang air besar. Rasa nyeri akan berlangsung semalam beberapa menit sampai beberapa jam dan kemudian menghilang sampai saat buang air besar berikutnya.

Pada BAB berdarah, tatalaksana yang diberikan hampir sama dengan ambeien yaitu dengan memberikan pelunak tinja atau psillium dan juga pelumas dalam bentuk obat yang dimasukkan ke dalam dubur yang bisa mengurangi cedera karena buang air besar yang keras, duduk berendam dalam air hangat selama 10-15 menit setelah buang air besar akan mengurangi rasa tidak nyaman dan membantu meningkatkan aliran darah, sehingga membantu proses penyembuhan. Pembedahan dilakukan bila pengobatan yang lainnya tidak berhasil.

Sedangkan untuk penyebab BAB berdarah yang lain seperti divertikulosis usus, polip kolon, penyaktit peradangan saluran cerna bawah seperti radang tukak pada kolon, penyakit Chorn, dan angiodisplasia, jarang terjadi dan bisa di deteksi dengan kolonoskopi.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Susah BAB and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>