Tips Mengatasi Masalah Buang Air Besar

Sulit buang air besar ada beberapa jenis misalnya buang air besar tidak setiap hari dan sudah dialami berbulan-bulan. Ada juga yang buang air besar tiga hari sekali walaupun jumlah makanan yang dikonsumsi tiap hari cukup banyak. Ada yang susah buang air besar karena mengonsumsi makanan yang mengandung zat tanin, bersifat panas. Bisa juga seseorang sulit buang air besar saat berada di tempat baru yang kondisi WC-nya tidak nyaman atau asing.  Dalam mengatasi masalah buang air besar hal yang perlu diperhatikan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Penyebab lain dari masalah susah buang air besar adalah karena feses mengeras seperti batu dan sulit untuk dikeluarkan sehingga dapat menyebabkan anus luka. Normalnya, buang air besar dilakukan setiap hari. namun, sembelit membuat buang air besar dilakukan dalam waktu 3-4 hari. Sembelit yang kronis dapat menyebabkan wasir.

Berikut tips mengatasi masalah buang air besar, diantaranya adalah :

1. Minum 6-8 gelas cairan dan 3-4 kali makanan yang memiliki kandungan serat (sayur dan buah-buahan) setiap hari

2. Minum obat pencahar (obat ini hanya boleh diminum beberapa hari saja, karena pemakaian jangka panjang akan melemahkan usus dan memperberat konstipasi)

3.Bila kedua tindakan diatas gagal, masalah buang air besar masih atau tidak wajar, anda sebaiknya pergi ke dokter.

Ambiilah satu sendok teh kopi, beri gula secukupnya, tambahi sedikit garam, lalu seduh dengan air mendidih dan minum hangat-hangat kuku. Lakukan dua kali sehari pagi dan sore.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Susah BAB and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>